Rabu, 18 Mei 2016

 "PELANTIKAN REKTOR UIN SUNAN KALIJAGA"
2016-2020


Yogyakarta – Prof Drs KH Yudian Wahyudi PhD ditetapkan dan dilantik menjadi Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta masa bakti 2016-2020 oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin di Kantor Kementerian Agama di Jakarta, Kamis (12/5), sore.
Sesuai dari Surat Keputusan Menteri Agama (SK Menag) RI Nomor: B.II/308205,08206 dan 08207, Prof Drs KH Yudian Wahyudi PhD, yang juga lulusan Havard University USA tersebut mengantikan Pgs Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Prof Dr H Machasain MAg.
Saat serah terima jabatan dari Pgs Rektor UIN Sunan Kalijaga kepada Rektor Baru UIN Sunan Kalijaga, di Rektorat UIN Sunan Kalijaga, Jumat (13/5), Prof Drs KH Yudian Wahyudi PhD menyatakan, kemajuan Islam pada Abad Pertengahan antara lain karena keberhasilan mengintegrasikan sains dalam peradabannya.
Namun, menurut Guru Besar UIN Sunan Kalijaga ini, kemunduran yang dialami umat Islam saat ini justru akibat membuang sains dari kurikulum madrasah. Pembuangan sains tersebut terjadi sejak akhir Abad ke-12, imbasnya terjadi kemunduran kualitas keilmuan di Dunia Islam.
“Karena itu, tugas pertama saya adalah bagaimana mengintegrasikan kembali sains tersebut kedalam pendidikan kita, termasuk di UIN Sunan Kalijaga. Apalagi, kini telah terjadi krisis pendidik, sehingga program saya ke depan pertama adalah bagaimana meningkatkan kualitas dosen, melakukan gerakan profesorisasi tenaga pendidik,” janjinya.

Machasin mengucapkan terimakasih sekaligus mohon maaf apabila selama menjabat sebagai Pgs Rektor UIN Sunan Kalijaga ada kekeliruan dan kesalahan. Dalam kesempatan tersebut, ia berpesan kepada rektor baru UIN Sunan Kalijaga untuk segera menyelesaikan problem yang belum kunjung selesai, seperti pembangunan kampus II di Pajangan dan pekerjaan lainnya yang sudah harus dihadapinya, termasuk penandatanganan ijazah bagi lulusan yang sempat tertunda karena tidak adanya rektor definitif.
Menag Lukman Hakim Saifudin, selain melantik Prof Drs KH Yudian Wahyudi PhD, juga melantikan dan menetapkan Prof Dr H. Muhammad Sirozi PhD, sebagai Rektor UIN Raden Fatah Palembang masa jabatan tahun 2016-2020, dan Dr Rahmat Hidayat MAg, sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Curup masa jabatan tahun 2016-2020.

Dalam amanahnya, Menag Lukman Hakim Saifudin menyampaikan agar para rektor dan ketua PTKN di lingkungan Kementerian Agama wajib memiliki komitmen dan berupaya menjaga otonomi perguruan tinggi, memberdayakan peran Senat Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi, serta membina iklim kampus yang berkeadaban. (Doni TW-Humas)


Sumber: http://uin-suka.ac.id/id/berita/detail/1204/prof-yudian-wahyudi-rektor-uin-sunan-kalijaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar